Thursday, July 2, 2009

Bisnis eBook, Permainan Uang, dan Dopping Motivasi

Jika kita bicara tentang bisnis pasif income di Internet, kita mau tidak mau akan sering berhadapan dengan model - model bisnis permainan uang semacam bisnis ebook atau arisan jejaring. Bisnis tipe ini begitu marak karena memang bukan nilai tambah sebenarnya yang dipentingkan, tapi uang berputar yang bisa ditimbulkan. Untuk lebih jelasnya, mari kita bahas dengan lebih detil.


Pernah mendengar konsep pareto? Dalam kenyataan, penyebaran kekayaan tidak akan jauh - jauh dari konsep 20/80. Mudahnya, 20% orang memiliki 80% kekayaan. 20% kekayaan yang ada dimiliki oleh 80% manusia sisanya. Dari tahun ke tahun, bahkan sejak dulu apa yang terjadi sama saja. Konsep ini masih valid sampai sekarang.

Bisnis eBook jika dipandang dari sistem tidak jauh berbeda dengan realitas pareto. Uang akan berkumpul lebih banyak pada 20% orang. Sisanya kalau tidak impas ya rugi. Mengapa bisa rugi? Karena biasanya untuk ikut ambil bagian harus mengeluarkan sejumlah uang. Bisa dibilang, cara ini adalah pareto terekselerasi. Sistem distribusi kekayaan yang dipercepat karena sistem peralihan berkumpulnya uang tidak berbanding lurus dengan peningkatan nilai tambah. Jadi, meski ada yang untung, sudah pasti ada yang rugi. Karena itu untuk bisnis dengan nilai tambah riil rendah, motivasi dan semangat lebih ditekankan. Hype dan jargon easy money seperti ayat suci yang dilafalkan berulang kali.

Apakah sistem ekselerasi pareto itu salah? Tergantung individunya. Jika memang mau uang cepat dan mau beresiko rugi, ya silahkan saja gabung. Hitung potensi untung, hitung potensi rugi. Karena bisnis ebook adalah sistem terekselerasi, adalah mustahil nilai tambah ebook mengejar perputaran aset yang masuk. Dalam arti, manfaat ebook itu sendiri secara riil tidak sebanding dengan nominal uang yang mampu diputarnya. So, semua terserah ada. Baik buruk itu relatif, yang jelas, anda tahu secara jelas bisnis apa sebenarnya yang sedang anda jalani.

0 comments:

Bookmark and Share

Post a Comment

Setiap kunjungan layak dikenang. Abadikan jejakmu di kolom komentar.