Sunday, July 12, 2009

Bagaimana Pandangan Anda Tentang Bisnis eBook?

Tentang bisnis eBook, saya sendiri sebenarnya tidak masalah. Money grabber semacam itu sudah bukan hal baru. Mulai dari eBook, louhan, hingga tanaman jemani memiliki beberapa kemiripan, diantaranya adalah uang berputar secara value lebih tinggi dari nilai intrinsik barang.


Di dunia ini, sebuah bisnis memang tidak bisa diukur hanya dari variabel fisik penyusunnya saja, namun juga ekspektasi pasar. Sebuah perusahaan yang startup di garasi bisa memiliki valuasi jauh di atas perusahaan mentereng dengan kantor gedung yang megah. Mengapa begitu? Karena saham tidak sekedar menilai aset fisik, namun juga ekspektasi.

Contoh mudahnya saja warung kelontong. Sebuah warung kelontong kecil yang ramai pembeli nilainya bisa lebih tinggi dari toko permanen yang baru startup. Mengapa begitu? Toko yang baru startup nilainya ekivalen dengan modal penyusunnya, sedang toko yang sudah jalan dan maju nilainya adalah modal plus ekspektasi, atau potensi.

Dari hal ini kita bisa tahu bahwa sebuah usaha nilainya tidak selalu ekivalen dengan nilai modal fisik yang ada, namun juga potensi money grabber yang mampu ia bukukan.

4 comments:

Bisnis Online said...
Menurut gw sih bisnis E-Book tu tetep aja bisa hot asal topic yg dibahas yg sedang hot dan cara peasarannya melalui networking
Rilex said...
Ya, meski begitu, tetap nilai jual utama bisnis ebook ada di ekspektasinya. hal yang lumrah jika dalam memasarkan, motivasi customer yang terus dipoles. Bisnis yg fokus ke potensial money grabber berbekal ekspektasi memang selalu panas :D. Panas duitnya, juga panas hujatannya :D
hamung said...
bisnis e book sekarang ini lebih mirip bisnis mimpi, karena banya menggunakan kata2 yg berlebihan.
ikut gabung sebuah situs , setidaknya cek di http://whois.net
akan terpampang data situs dan pengelolanya (tp ada pengelola yg tdk menampilkannya ,kenapa ? anda bisa menyimpulkan sendiri)
situs yg saya ikuti klik
Rilex said...
Yang penting kita perlu tahu bahwa dalam model bisnis seperti itu, harus siap menang siap kalah. Seperti undian permen cicak, jika anda tidak jadi jutawan, anda harus rela mendapat imbal balik permen cicak dalam bentuk ebook :D.
Bookmark and Share

Post a Comment

Setiap kunjungan layak dikenang. Abadikan jejakmu di kolom komentar.